Press ESC to close

Pembelajaran Organisasi | Reportase

Konsep Lean Management:

Identifikasi dan Eliminasi Waste dalam Pelayanan Rumah Sakit

5 Juni 2024

PKMK FK-KMK UGM mengadakan serial webinar dengan tema “Lean Hospital Management”. Webinar ini dimulai pada 5 Juni 2024 pukul 10.00-11.30 WIB dan akan berlangsung hingga 26 Juni 2024 kemudian dilanjutkan dengan ujian online di Plataran Sehat. Narasumber utama yaitu Dr. Firman, SE, MPH dan Dr. Anastasia Susty A., M.Si., Akt., CA., CRP., AMA.

Pada webinar pertama kali ini, mengangkat tema “Konsep Lean, Identifikasi, dan Eliminasi Waste dalam Pelayanan Rumah Sakit”. Webinar ini diikuti oleh 264 peserta zoom dan 102 peserta youtube dari berbagai bidang profesi RS di Indonesia.

MATERI VIDEO

Firman menyampaikan Konsep Lean dalam implementasi rumah sakit dan cara mengidentifikasi dan menghilangkan waste dalam pelayanan rumah sakit. Firman mengatakan bahwa lean dapat digunakan untuk menambah nilai yang bermanfaat dan mengurangi pemborosan (waste). Selain itu, setiap yang bukan value dapat dikategorikan ke dalam wasteLean adalah metodologi perbaikan proses untuk memberikan layanan yang lebih baik, lebih cepat & lebih murah (Laureani& Antony, 2019).

Cara sederhana implementasi lean yaitu dengan menghilangkan waste. Waste disebabkan karena warisan, reaksi berlebihan, dan kebijakan.

Contoh waste:

  1. Keliru/salah
  2. Mengulang/melebihi kebutuhan
  3. Menunggu
  4. Tidak memanfaatkan orang
  5. Transportasi alat
  6. Persediaan
  7. Pergerakan orang
  8. Tidak bernilai bagi pasien

Implementasi lean dapat diterapkan di semua lini kegiatan bahkan dalam rumah tangga sekalipun. Dunia banyak berubah, namun sifat dasar manusia itu tidak berubah. Maka desain budaya dapat dibuat agar terlihat menarik, mudah, dan memuaskan, ujar Firman. Terlebih, SDM yang mau diajak untuk maju di rumah sakit hanya 5% saja sehingga dalam implementasi lean harus dicocokan dengan budaya di masing-masing rumah sakit.

Pemahaman terhadap tools dan perubahan mindset serta budaya terhadap lean harus berjalan beriringan agar mendapat hasil yang baik. Hal itu harus dimulai dengan pemahaman terhadap value stream mapping (VSM) terlebih dahulu, karena VSM berisikan data kuantitatif yang konkrit. Dengan demikian, keputusan yang diambil menjadi lebih objektif dan terukur.

Serial webinar pada sesi berikutnya akan membahas mengenai peran standar dalam implementasi lean dan cost management yang akan dipaparkan oleh Dr. Firman, SE, MPH dan Dr. Anastasia Susty A., M.Si., Akt., CA., CRP., AMA. Peserta diharapkan untuk mengikuti rangkaian webinar serial ini agar mendapatkan pemaparan secara lebih menyeluruh.

Reporter: Ratih Tiyas Pratiwi, S.Ak., M.Sc. (Divisi Manajemen Rumah Sakit PKMK FK-KMK UGM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adffffpiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.hjhjhjhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh