Press ESC to close

Pembelajaran Individu | Reportase

Workshop Akuntansi Rumah Sakit

Kupas Tuntas Unit Cost Pelayanan Rumah Sakit

Yogyakarta, 1-3 November 2023

Batch 3


Workshop ini dilaksanakan oleh Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FKKMK UGM. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari di Swissbell Hotel Yogyakarta dengan jumlah peserta 21 orang. Para peserta memiliki latar belakang ekonomi, tenaga medis dan akademisi. Workshop ini dibuka oleh DR. dr Andreasta Meliala, M.Kes., MAS elaku Direktur Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM. Andre menyampaikan bahwa pentingnya mampu mengidentifikasi cost driver sebagai salah satu alat pendistribusian biaya, juga diharapkan rumah sakit dapat efisien dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

Pada hari pertama workshop peserta mendapatkan materi dari Yos Hendra, SE., MM., Ak.,CA., M.Ec.Dev tentang pentingnya rumah sakit mampu mengelola informasi unit cost, akuntansi manajemen dan unit cost rumah sakit. Yos menyampaikan bahwa unit cost rumah sakit harus dihitung dengan tepat dan dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan. Pada sesi ini, peserta antusias mengkuti materi dan aktif berdiskusi di sela paparan.

Pada sesi selanjutnya materi disampaikan oleh Barkah Wahyu Prasetyo, SE., Ak., CA dengan topik strategi implementasi analisis unit cost rumah sakit. Barkah menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan rumah sakit dalam melakukan analisis unit cost.

Pada hari kedua dan ketiga, materi simulasi analisis unit cost disampaikan oleh Husniawan Prasetyo SE dan Barkah Wahyu Prasetyo SE., Ak., CA. Pada sesi ini simulasi menggunakan aplikasi Microsoft Excel, yang diikuti peserta di setiap tahapannya. Dimulai dengan penjelasan tata cara pengisian template, melakukan pengisian template, melakukan rekapitulasi biaya, dan melakukan analisis unit cost per layanan rumah sakit. Dengan aplikasi Microsoft Excel yang diberikan kepada peserta, diharapkan peserta dapat mengimplementasikannya di rumah sakit.

Pada sesi penutup disampaikan oleh Yos Hendra, SE., MM., Ak.,CA., M.Ec.Dev. Yos menyampaikan bahwa setelah pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengimplementasikan penghitungan unit cost di rumah sakit dimulai dengan melakukan collecting data primer dan sekunder.

Reporter:

Husniawan Prasetyo, SE (Divisi Manajemen Rumah Sakit PKMK UGM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adffffpiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.hjhjhjhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh