Press ESC to close

Pembelajaran Individu | Reportase

Workshop Akuntansi Rumah Sakit

Kupas Tuntas Unit Cost Pelayanan Rumah Sakit

Yogyakarta, 4-6 Oktober 2023

Batch 2


Workshop ini dilaksanakan oleh Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FKKMK UGM. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Santika Yogyakarta dengan jumlah peserta 27 orang. Sebagian besar peserta dengan latar belakang ekonomi, juga tenaga medis dan akademisi. Workshop ini dibuka oleh DR. dr Andreasta Meliala, M.Kes., MAS. Selaku Direktur Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FKKMK UGM. Dr Andre menyampaikan pentingnya rumah sakit dapat menghitung biaya rumah sakit yang detil, dan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengimplementasikannya di rumah sakit.

Pada hari pertama workshop peserta mendapatkan materi dari Yos Hendra, SE., MM., Ak.,CA., M.Ec.Dev. tentang pentingnya rumah sakit mampu mengelola informasi unit cost, akuntansi manajemen dan unit cost rumah sakit. Yos menyampaikan bahwa unit cost rumah sakit harus dihitung dengan tepat dan dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan. Pada sesi ini peserta antusias mengkuti materi dan aktif berdiskusi disela sela paparan.

Pada sesi selanjutnya materi disampaikan oleh Barkah Wahyu Prasetyo, SE., Ak., CA. dengan topik strategi implementasi analisis unit cost rumah sakit. Barkah menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan rumah sakit dalam melakukan analisis unit cost.

Pada hari kedua dan ketiga, materi simulasi analisis unit cost disampaikan oleh Husniawan Prasetyo SE. dan Barkah Wahyu Prasetyo SE., Ak., CA. Pada sesi ini simulasi menggunakan aplikasi microsoft excel, peserta mengikuti tiap tahapannya. Dimulai dengan penjelasan tata cara pengisian template, melakukan pengisian template, melakukan rekapitulasi biaya, dan melakukan analisis unit cost per layanan rumah sakit. Dengan aplikasi microsoft excel yang diberikan kepada peserta, diharapkan peserta dapat mengimplementasikannya di rumah sakit.


Pada sesi penutup disampaikan oleh Ni Luh Putu Eka Andayani, SKM., M.Kes. selaku Kepala Divisi Manajemen Rumah Sakit PKMK FKKMK UGM. Putu menyampaikan bahwa berbagai macam manfaat penghitungan unit cost dapat diperoleh rumah sakit. Salah satunya adalah ketika rumah sakit mengadakan promo atau diskon layanan, maka hasil analisis unit cost dapat dijadikan sebagai dasar penentuan besaran promo agar biaya layanan tetap tercukupi.

Suasana workshop:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adffffpiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.hjhjhjhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh