Press ESC to close

Pembelajaran Individu | Reportase

Workshop Kupas Tuntas Unit Cost Pelayanan RS

Pengembangan Akuntansi Biaya Rumah Sakit

sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Era JKN

Yogyakarta, 27 – 29 Februari 2024

Batch 4


Workshop ini dilaksanakan oleh Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari di Hotel H Boutique Yogyakarta dengan jumlah peserta 21 orang. Peserta berasal dari beragam latar belakang ekonomi, juga tenaga medis dan akademisi. Workshop ini dibuka oleh Ni Luh Putu Eka Andayani, SKM., M.Kes selaku Kepala Divisi Manajemen Rumah Sakit Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM.

Putu menyampaikan bahwa di era JKN ini rumah sakit dituntut mampu mengendalikan mutu dan biaya. Dengan melakukan penghitungan unit cost maka rumah sakit dapat mengidentifikasi biaya yang tidak efisien. Unit cost menjadi salah satu bagian penting sebagai sumber informasi biaya, sehingga rumah sakit dapat mengetahui dalam melayani pasien apakah surplus atau defisit.

Pada hari pertama workshop, peserta mendapatkan materi dari Yos Hendra, SE., MM., Ak.,CA., M.Ec.Dev tentang pentingnya rumah sakit mampu mengelola informasi unit cost, akuntansi manajemen dan unit cost rumah sakit. Yos menyampaikan bahwa unit cost rumah sakit harus dihitung dengan tepat dan dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan pada era JKN. Materi ini disampaikan agar peserta dari berbagai latar belakang pendidikan dapat lebih memahami mengenai akuntansi manajemen dan unit cost rumah sakit.

Pada sesi selanjutnya materi disampaikan oleh Barkah Wahyu Prasetyo, SE., Ak., CA. dan Husniawan Prasetyo, SE. dengan topik Persiapan Collecting Data Template Unit Cost. Pada sesi ini peserta diberikan materi untuk persiapan melakukan simulasi pengumpulan data dan dijelaskan langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan pengumpulan data.

Pada hari kedua, materi simulasi collecting dan analisis unit cost disampaikan oleh Husniawan Prasetyo SE. Pada sesi ini, simulasi menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan peserta mengikuti tiap tahapannya. Dimulai dengan melakukan collecting data pada template yang telah disediakan, mengumpulkan data biaya berdasarkan jenis dan unitnya, dan analisis penghitungan unit cost setiap layanan pada masing-masing unit. Para peserta sangat antusias melakukan simulasi dan lebih memahami mengenai tahapan biaya dari seluruh unit di rumah sakit sampai pada biaya per tindakan.

Pada hari ketiga simulasi penyusunan tarif berdasarkan pada unit cost dan simulasi pemanfaatan unit cost sebagai tools efisiensi biaya disampaikan oleh Barkah Wahyu P., SE., Ak., CA. Barkah menyampaikan bahwa langkah selanjutnya setelah penghitungan unit cost dihasilkan, maka informasi unit cost tersebut dapat digunakan sebagai  dasar pengambilan keputusan oleh manajemen rumah sakit. Pada sesi ini peserta melaksanakan praktek pemanfaatan informasi unit cost untuk keperluan tarif dan pengendalian biaya.

Pada sesi terakhir adalah rencana tindak lanjut dan penutup disampaikan oleh Ni Luh Putu Eka Andayani, SKM., M.Kes. menyampaikan bahwa setelah pelatihan ini ada tindak lanjut yang dilakukan pada masing-masing rumah sakit dan bisa disampaikan kepada SDM rumah sakit lainnya agar mendapat dukungan untuk rencana tindak lanjut.

Reporter: Husniawan Prasetyo (Divisi Manajemen Rumah Sakit, PKMK UGM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adffffpiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.hjhjhjhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh